Ujicoba MarsEdit for Mac

Ujicoba MarsEdit for Mac

November 13, 2014 Blogging 0

Hari ini saya mendownload MarsEdit dari http://www.red-sweater.com/marsedit/ dan menginstalkannya di laptop saya. Posting ini saya buat dengan MarsEdit untuk mengujicoba fitur-fitur yang disediakan. 

Paragraf

Ini adalah contoh paragraf dalam MarsEdit. Seperti Blog editor yang lain, dalam MarsEdit kita dapat menulis postingan dalam modus rich-text atau HTML. 

Image

Ini adalah contoh menyisipkan image:

NewImage

Image dapat disisipkan dengan cara copy-paste langsung ke post editor. Akan muncul window dialog untuk mengatur beberapa setting image, termasuk menanyakan apakah image ini akan langsung diupload ke server pada saat itu juga atau bersamaan dengan waktu postingan di-publish. 

Cara lain menyisipkan image ke dalam postingan adalah dengan menyisipkan URL-nya. Tentu saja image sudah harus sudah tersimpan terlebih dahulu dan accessible di Internet melalui URL tertentu. Jika anda menulis postingan dalam modul HTML, yang perlu dilakukan adalah mencopy URL image yang diinginkan ke dalam clipboard, lalu bukan menu Format (pull-down menu di kanan atas), dan klik “Image from link…”. Berikut ini adalah contoh image yang disisipkan dengan cara tersebut:

Tidak ada yang berbeda antara kedua image di atas, kecuali jika anda melihat kode HTML-nya. Image yang terakhir mengandung URL ke server dimana image tersebut tersimpan, yakni di Evernote.com.

Sourcecode

Saya sering membuat postingan bertema pemrograman komputer. Karenanya, saya sangat membutuhkan fitur yang mendukung pencantuman sourcecode secara mudah di postingan. Berikut ini contoh menyisipkan sourcecode di MarsEdit:

[sourcecode language=”python”] a = 1
b = 2
c = a+b
[/sourcecode]

Kekurangannya adalah, saya harus membuat postingan ini dalam modul HTML. Jika dibuat di modus rich-text, sourcecode diatas akan diinterpretasikan seperti ini:

sehingga akan ditampilkan seperti ini:

[sourcecode language=”python”]</p>
<p>a = 1</p>
<p>b = 2</p>
<p>c = a + b</p>
<p>[/sourcecode]

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *