Download menggunakan wget

Download menggunakan wget

November 7, 2014 Linux Shell 0

Wget 1.13.4

Wget adalah sebuah program yang digunakan untuk mendownload file dari internet. Wget mendukung download file via protokol HTTP, HTTPS dan FTP. Wget biasanya sudah tersedia secara default di UNIX dan Linux sehingga anda tidak perlu melakukan instalasi lagi. Jika anda menggunakan Mac (versi-versi terbaru), lihat artikel berikut untuk menginstal Wget: http://coolestguidesontheplanet.com/install-and-configure-wget-on-os-x/. Untuk Windows, silahkan download file intalasi Wget di: http://gnuwin32.sourceforge.net/packages/wget.htm

Sintaks Dasar Wget

Sintaks umum untuk menggunakan Wget adalah seperti berikut:

wget {url_file}

Contoh:

wget http://www.example.com/

wget ftp://ftp.gnu.org/pub/gnu/wget/wget-latest.tar.gz

Pada saat mendownload file, Wget akan menampilkan indikator progress download (dengan grafik baris dan persentase), ukuran file, serta informasi tanggal dan waktu.

Mendownload Banyak File

Anda dapat mendownload banyak file secara otomatis dengan Wget. Caranya ialah dengan membuat sebuah file teks berisi daftar URL yang akan di download. Sebagai contoh, anggaplah daftar URL telah anda buat dalam file bernama “list.txt”. Untuk mendownload, gunakan parameter -i dan nama file seperti pada sintaks berikut:

wget -i list.txt

Mendownload Secara Background

Anda dapat membuat download file dijalankan secara background, artinya setelah memasukkan perintah wget, anda akan kembali ke prompt shell tanpa perlu menunggu proses download selesai. Ini pun berguna untuk mendownload beberapa file. Untuk mendownload secara background, gunakan parameter -b seperti pada sintaks berikut:

wget -b http://ftp.gnu.org/gnu/wget/wget-1.5.3.tar.gz

Linux akan menempatkan tiap job download dalam sebuah proses tersendiri sehingga anda dapat lanjut dengan membuat job download berikutnya, atau untuk menjalankan perintah lain. Adapun proses download akan dicatat di file bernama “wget-log”.

Ini tampilan layar yang menunjukkan keluaran perintah wget serta isi file log:

Anda dapat menetapkan nama file lain dengan menggunakan parameter -o serta mencantumkan nama file yang diinginkan pada sintaks wget, misalnya:

wget -b -o mylog.txt http://ftp.gnu.org/gnu/wget/wget-1.5.3.tar.gz

Dengan sintaks di atas, proses download akan dilakukan secara background dan log akan ditulis pada file “mylog.txt”.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *