Menampilkan info penggunaan sumber daya di Ubuntu

Menampilkan info penggunaan sumber daya di Ubuntu

October 24, 2014 Linux Operating System Shell 0

Kadang-kadang kita ingin mengetahui seberapa besar sumber daya hardware (prosesor, memory dll.) digunakan dalam komputer kita. Jika anda menggunakan Ubuntu, ada beberapa cara untuk menampilkan informasi penggunaan sumber daya ini:

System Monitor

Jika anda menggunakan Ubuntu Desktop berbasis GUI, anda dapat melihatnya dengan menggunakan System Monitor. Untuk menjalankannya, (1) klik tombol Dash di kiri atas, (2) search dengan kata kunci “monitor”, (3) klik icon “System Monitor”.

Perintah TOP

Jika anda menggunakan console (tidak menggunakan GUI), atau mengakses komputer anda secara remote dengan menggunakan SSH misalnya, tentu saja anda tidak dapat menampilkan System Monitor. Tapi solusi lain tentu saja ada. Pertama, anda dapat menggunakan perintah TOP. Berikut ini adalah tampilan keluaran perintah TOP:

Perintah HTOP

Tentu saja agak sulit untuk membaca apalagi memahami keluaran perintah TOP di atas. Untungnya adalah perintah HTOP yang meskipun berbasis teks, tapi berwarna dan dilengkapi dengan fitur tambahan lainnya.

Anda dapat menginstal HTOP dengan cara:

[code light=”true”] sudo apt-get install htop
[/code]

Dan setelah dijalankan dengan mengetikkan perintah htop, inilah hasilnya:

Seperti yang anda lihat, penggunaan CPU dan memori digambarkan dengan grafik batang sederhana sehingga lebih memudahkan kita untuk mengamati persentase penggunaan CPU ataupun memori.

Demikianlah beberapa cara untuk menampilkan informasi penggunaan sumber daya dalam sistem operasi Ubuntu. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *