Instalasi Ubuntu Linux di Netbook

Instalasi Ubuntu Linux di Netbook

October 24, 2014 Linux Operating System Shell 0

Saya punya sebuah komputer Netbook tua buatan Jepang keluaran tahun 2008. Mereknya Kohjinsha SC3 dan, karena ukurannya yang mungil, masuk kategori UMPC (Ultra-Mobile Personal Computer). Sistem operasi original netbook ini adalah Windows Vista, sayangnya versi bahasa Jepang. Karena sulit digunakan, saya kemudian memutuskan untuk menggantinya dengan Linux.

Rencana saya, Netbook ini akan menjalankan service-service serperti: file/print server via Samba, Downloader, Image uploader (ke Flickr), dll. Tentunya konfigurasi hardware sebuah Netbook tidak umum untuk digunakan sebagai server. Tapi, pemakaian daya listrik yang rendah serta ketersediaan batere yg built-in, membuatnya cocok untuk server rumahan (home server). Intinya, tantangan instalasi ini adalah bagaimana mengubah sebuah Netbook menjadi sebuah home server sederhana.

Instalasi Ubuntu

Pertama-tama, saya memilih untuk menginstal Ubuntu 12.04.5 LTS (Precise Pangolin) melalui USB Flash Drive. Menjalankan Ubuntu secara live dari USB Flash drive cukup lancar. Saya kemudian menginstalkannya langsung ke Hard drive. Instalasi berlangsung cukup lama, kira-kira 45 menit, tapi berakhir sukses.

Konfigurasi Samba

Selanjutnya saya menginstal paket Samba, bisa melalui Ubuntu Software Center atau dengan perintah berikut:

[code light=”true”] sudo apt-get install samba
[/code]

Untuk memudahkan pengelolaan shared folder dengan GUI, saya juga menginstal tool “Samba Server Configuration”:

SSH Server

Fitur selanjutnya yang perlu diinstal adalah: SSH Server. Secara default, Ubuntu tidak dilengkapi dengan SSH server. Tapi kita bisa menambahkannya dengan mudah melalui Ubuntu Software Center, atau dengan perintah:

[code light=”true”] sudo apt-get install openssh-server
[/code]

Setelah diinstall, kita bisa mengkonfigurasi beberapa hal, misalnya: nomor port, menon-aktifkan root login dan lain-lain, dengan mengedit file konfigurasinya:

[code light=”true”] sudo gedit /etc/ssh/sshd_config
[/code]

Ini tampilan login SSH dari komputer lain:

Cukup itu dulu mengenai instalasi Ubuntu di netbook saya. Tapi tentu saja masih banyak fitur-fitur lain yang nanti akan saya tambahkan. Karenanya, sampai ketemu di postingan-postingan yang akan datang.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *