Jadilah Programmer!

Jadilah Programmer!

October 14, 2014 Programming Python 0

Bagi saya, bahasa pemrograman komputer adalah suatu representasi virtual dari cara kerja dasar komputer itu sendiri. Seperti yang mungkin anda telah ketahui, komputer modern terdiri atas 3 bagian utama yang saling terkait satu sama lain: 1) Prosesor, 2) Memori, 3) Input/Output. Ketiga bagian ini selalu digunakan dalam kaitan dengan data: Prosesor digunakan untuk mengolah data, memori untuk menyimpan data, input dan output untuk menerima dan menampilkan data. Dalam sebuah bahasa pemrograman, apapun itu, fungsi-fungsi tersebut di-virtualisasi dalam kode, simbol serta tata-bahasa tertentu, misalnya: instruksi, variabel, operator, tipe data, database, fungsi, dan lain-lain, sehingga dengan mudah dan terstruktur dapat digunakan oleh programmer untuk mengerjakan tugas-tugas komputasi tertentu.


Mari saya ilustrasikan apa yang saya maksudkan dalam paragraf di atas melalui sebuah program sederhana dalam bahasa Python:

[sourcecode language=”Python”] x = int(input("Masukkan bilangan pertama: "))
y = int(input("Masukkan bilangan kedua: "))
z = x + y
print ("Jumlah kedua bilangan: ",z)
[/sourcecode]

Ketika anda menjalankan program di atas, Python akan menerima dua kali pemasukan bilangan lalu menyimpannya dalam dua variabel x dan y sebagai nilai-nilai bilangan bulat (baris 1 dan 2). By the way, mohon dipahami, ini hanya sebuah contoh. Jadi tidak ada mekanisme untuk memastikan masukannya adalah sebuah bilangan. Selanjutnya, kedua isi variabel (x dan y) akan dijumlahkan dan hasilnya disimpan di variabel z (baris 3). Pada akhirnya, hasil penjumlahannya akan ditampilkan (baris 4). Berikut ini adalah keluaran program di atas:

[sourcecode] Masukkan bilangan pertama: 1
Masukkan bilangan kedua: 2
Jumlah kedua bilangan: 3
[/sourcecode]

Nah, coba perhatikan lagi program di atas. Bukankah semua fungsionalitas dasar komputer terwakilkan dalam program sederhana tersebut? Program menerima input data dan menyimpannya dalam memori. Data-data tersebut kemudian diproses, lalu hasilnya disimpan pula dalam memori. Program kemudian menampilkannya pada layar monitor. Lengkap bukan? Prosesor, Memori dan Input/Output. Pengolahan, penyimpanan, penerimaan dan penampilan. Nah, itulah yang saya maksud: komputer virtual dalam artian yang paling fundamental. Jadi, ketika kita menulis sebuah program komputer, pada hakekatnya kita sedang menciptakan sebuah “komputer virtual” yang dapat kita kustomasi (sesuaikan) sesuka kita. Ini menurut saya adalah sebuah pengalaman interaksi serta pembelajaran yang unik: komputer betul-betul di bawah kendali anda. Sensasinya berbeda dibandingkan ketika anda menggunakan aplikasi siap-pakai yang notabene dibuat oleh orang lain. Implikasi dari pemahaman sederhana ini adalah: jika anda ingin betul-betul memahami cara kerja komputer secara inside-out (menyeluruh), jangan berpuas diri dengan sekedar jadi PENGGUNA saja, jadilah PROGRAMMER.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *