Eksekusi script Python di Komodo Edit

Eksekusi script Python di Komodo Edit

October 10, 2014 Programming Python 0

Baru-baru ini saya mencoba sebuah app IDE (Integrated Programming Environment) baru bernama unik: Komodo dari ActiveState. Menurut official website-nya, Komodo adalah sebuah “Cross-Platform IDE” untuk bahasa-bahasa pemrograman populer seperti: Python, PHP, Ruby, Perl, Tcl, NodeJS, HTML, CSS dan JavaScript. Kalau anda masuk ke website mereka (http://komodoide.com), anda dapat memilih salah satu dari dua versi: Komodo IDE (berbayar dengan free trial 21 hari) dan Komodo Edit (gratis dengan fitur terbatas).

Saya kemudian memilih Komodo Edit, mendownload installer-nya untuk OSX dan menginstallnya di laptop saya. Ini screenshot tampilan utama Komodo Edit:

Seperti tampilan app IDE pada umumnya, Komodo Edit memiliki panel-panel seperti project navigator, code editor, output and notification dan lain-lain. Selanjutnya saya coba menulis sebuah program Python sederhana, namun tidak menemukan cara mengeksekusinya. Emmm. Setelah Googling, saya baru tahu jika salah satu fitur yang tidak dimiliki Komodo Edit (namun tersedia di Komodo IDE) adalah debugger. Tapi ternyata ini bisa diakali, karena ternyata Komodo Edit menyediakan fitur untuk membuat shortcut command. Berikut ini langkah-langkah cara membuatnya:

  1. Klik tombol toolbar “Show specific sidebar/tab” (panah merah pada gambar) dan klik pilihan “Toolbox” untuk memastikan panel Toolbox tampil di bagian kanan. 
  2. Klik icon tool di bagian kanan atas toolbar panel, lalu pilih “New command” dari menu yang muncul. Akan muncul dialog ini: 
  3. Ganti nama “New Command” dengan nama lain sesuka anda. Misalnya: “Run Python file”. Lalu pada isian Command, ketikkan: %(python3) %F. Dalam hal ini, saya berasumsi anda akan fokus menggunakan Python versi 3.x (bukan 2.x).
  4. Opsional:
    1. Anda  bisa mengganti icon untuk command ini dengan cara menklik tombol: Change icon
    2. Anda bisa menetapkan kombinasi tombol keyboard sebagai shortcut. Caranya: klik tab “Key binding”, akan muncul window dialog seperti pada gambar di bawah ini. Klik pada isian “New Key Sequence” dan tekan kombinasi tombol yang anda inginkan (Contoh: Cmd-Shift-R), klik tombol Add, akhiri dengan klik tombol OK. 
  5. Setelah kembali ke tampilan utama, anda harusnya bisa melihat Command yang baru (dengan nama yang anda tetapkan pada langkah 3 di atas) akan ditampilkan pada panel Toolbar di sebelah kanan. 
  6. Untuk selanjutnya, anda dapat mengeksekusi program python dengan cara:
    1. Double-click pada icon atau nama command di panel Toolbar
    2. Menekan kombinasi tombol yang anda tetapkan pada langkah 4 (jika ada).

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *