Tutorial Python: Mengenal LIST

Tutorial Python: Mengenal LIST

September 22, 2014 Programming Python 0

Selain tipe-tipe data nilai tunggal, seperti Integer, Float dan Boolean, Python juga menyediakan tipe data majemuk, artinya memiliki lebih dari satu nilai. List adalah salah satu tipe data majemuk yang dimiliki Python. Untuk membuat variabel list, letakkan nilai-nilai anggotanya di dalam kurung siku “[…]” dan pisahkan masing-masing nilai dengan tanda koma. Contoh:

[sourcecode language=”Python”] >>> aList= [1, 4, 9, 16, 25] >>> aList
[1, 4, 9, 16, 25] [/sourcecode]

Pada contoh di atas, kita membuat sebuah variabel list bernama aList dengan lima anggota bertipe Integer: 1, 4, 9, 16 dan 25.

Hebatnya List dalam Python, anggota-anggota List tidak perlu memiliki tipe data yang sama. Dalam contoh berikut ini, anggota list terdiri atas dua nilai Integer dan dua teks/string:

[sourcecode language=”Python”] >>> aList = [1,2,’teks’,’teks lain’] >>> aList
[1, 2, ‘teks’, ‘teks lain’] [/sourcecode]

Mengakses Anggota List

Index adalah angka integer sebagai penanda posisi setiap anggota dalam list. Index biasanya digunakan untuk mengakses nilai dari anggota-anggota tertentu dalam sebuah list. Untuk mengakses salah satu anggota list, gunakan nama list diikuti angka indexnya dalam tanda kurung siku. Ingat, dalam Python, index list dihitung dari 0 (bukan dari 1). Lihat gambar berikut:

Sebagaimana diilustrasikan dalam gambar di atas, berikut ini adalah cara mengakses anggota list dengan menggunakan index:

[sourcecode language=”Python”] >>> aList = [‘a’,’b’,’c’,’d’,’e’,’f’,’g’] >>> aList[0] ‘a’
>>> aList[3] ‘d’
>>> aList[6] ‘g’
[/sourcecode]

Selanjutnya, sebagaimana dapat anda lihat pada contoh di atas, List[0] digunakan untuk mengakses anggota pertama (paling kiri) dari list aList. Jadi dalam hal ini indeks dihitung dari kiri. Bagaimana jika kita ingin mengakses list dari belakang? Untuk keperluan itu, anda dapat menggunakan nilai indeks negatif. Contoh: untuk mengakses anggota list terakhir (pertama dari kanan), gunakan indeks -1. Lihat ilustrasi berikut:

Mari kita coba langsung dalam interaktif shell Python:

[sourcecode language=”Python”] >>> aList = [‘a’,’b’,’c’,’d’,’e’,’f’,’g’] >>> aList[-1] ‘g’
>>> aList[-4] ‘d’
>>> aList[-7] ‘a’
[/sourcecode]

Pemotongan List

Dalam dua contoh terakhir, kita mengakses satu saja anggota list. Untuk mengakses lebih dari satu anggota list kita dapat menggunakan cara list slicing atau pemotongan list. Tanda titik dua “:” digunakan bersama dua angka index yang menunjukkan index awal dan index akhir dari potongan list. Perhatikan bahwa nilai pada index akhir tidak termasuk pada hasil potongan. Sebagai contoh, perintah aList[1:4] akan menghasilkan sebuah List baru yang lebih pendek dan terdiri atas anggota ke-1, ke-2 dan ke-3 dari list aList. Untuk jelasnya, lihat ilustrasi berikut ini:

Silahkan dicoba langsung pada shell interaktif Python:

[sourcecode language=”Python”] >>> aList = [‘a’,’b’,’c’,’d’,’e’,’f’,’g’] >>> aList[1:4] [‘b’, ‘c’, ‘d’] [/sourcecode]

Dengan menggunakan tanda titik dua “:” dilanjutkan dengan satu angka indeks positif (sebagai indeks akhir), contoh: aList[:3],  kita dapat mengambil bagian depan dari list. Sebaliknya, dengan menggunakan satu angka indeks negatif (sebagai indeks awal) dilanjutkan dengan tanda titik dua, , contoh: aList[-3:], kita dapat mengambil bagian akhir dari list. Untuk jelasnya, lihat ilustrasi dan contoh perintah berikut ini:

[sourcecode language=”Python”] >>> aList = [‘a’,’b’,’c’,’d’,’e’,’f’,’g’] >>> aList[:3] [‘a’, ‘b’, ‘c’] >>> aList[-3:] [‘e’, ‘f’, ‘g’] [/sourcecode]

Demikian dulu pengenalan tentang tipe data List. Masih ada beberapa pelajaran menarik mengenai List yang akan saya bahas pada bagian 2 artikel ini. Stay tune!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *