Tutorial Python: Menggunakan FOR, BREAK dan ELSE

Tutorial Python: Menggunakan FOR, BREAK dan ELSE

September 19, 2014 Programming Python 0

Postingan ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari pembahasan mengenai perintah for yang dapat anda baca di:

http://alwinsambul.info/wp/2014/09/19/tutorial-python-perulangan-dengan-for/

Saya terdorong membuat postingan lanjutan ini karena Python memiliki keistimewaan dalam hal perintah perulangan for dibandingkan bahasa pemrograman lain (misalnya: C dan C++), dimana perintah for bisa digunakan bersama perintah else. Tapi sebelum kesana, mari kita bahas penggunaan break dalam perulangan for.


Menggunakan for dan break

Perintah break digunakan untuk menghentikan proses perulangan jika kondisi tertentu terjadi. Perintah ini dapat anda gunakan dalam perulangan for maupun while. Perhatikan contoh program berikut ini:

[sourcecode language=”Python”] aString = ‘Hello World’
for i in aString:
if i == ‘r’:
print(‘Huruf r ditemukan!’)
break
print(i)
[/sourcecode]

Dalam program di atas, proses perulangan akan dilakukan untuk setiap karakter pada string aString. Pada bagian awal perulangan tersebut, dilakukan pengujian apakah karakternya adalah “r”. Jika ya, kalimat “Huruf r ditemukan” akan ditampilkan dan perulangan akan dihentikan oleh perintah break. Adapun keluaran program di atas adalah sebagai berikut:

[sourcecode] H
e
l
l
o

W
o
Huruf r ditemukan!
[/sourcecode]

Menggunakan for, break dan else

Bahasa pemrograman Python menyediakan kemungkinan untuk menggunakan perintah else dalam perulangan for. Fungsinya adalah untuk menjalankan bagian program tertentu jika perulangan tidak terhenti oleh break. Perhatikan contoh berikut:

[sourcecode language=”Python”] aString = ‘Hello Japan’
for i in aString:
if i == ‘r’:
print(‘Huruf r ditemukan!’)
break
print(i)
else:
print(‘Huruf r tidak ditemukan’)
[/sourcecode]

Seperti pada program sebelumnya, dalam program di atas proses perulangan akan dilakukan untuk setiap karakter pada string aString. Karena aString sekarang berisi teks “Hello Japan”, dimana tidak terdapat huruf “r”, maka pengujian kondisi i == 'r' tidak pernah bernilai True pada seluruh perulangan, sehingga perintah break tidak pernah dijalankan. Dengan demikian, setelah mengerjakan perulangan terakhir, Python akan mengerjakan bagian program di bawah perintah else, yakni menampilkan kalimat “Huruf r tidak ditemukan”. Berikut ini adalah keluaran program di atas:

[sourcecode] H
e
l
l
o

J
a
p
a
n
Huruf r tidak ditemukan
[/sourcecode]

Demikian dulu, selamat belajar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *