Update ke Wordpress 4.0

Update ke WordPress 4.0

September 6, 2014 Blogging Wordpress 0

Hari ini saya memutuskan untuk mengupdate instalasi WordPress di website ini ke versi 4.0, code name: “Benny” (dari nama seorang pemusik Jazz kenamaan, Benny Goodman), yang baru dirilis dua hari yang lalu. Percobaan update pertama sempat gagal, tapi at last prosesnya berakhir sukses setelah diulang. Fitur pertama yang ingin saya coba tentu saja adalah embedding. Pada versi sebelumnya, misalnya jika ingin meng-embed video Youtube, kita harus mengkopi kode embed yang disediakan oleh Youtube. Pada WordPress 4.0, meng-embed video Youtube cukup dengan mencantumkan URL-nya, seperti yang saya lakukan dalam meng-embed video di bawah ini:

Cukup mengkopi URL video yang anda inginkan dari Youtube, lalu paste ke post editor, URL tersebut akan secara otomatis berubah menjadi embedding video. Selain Youtube, fitur yang disebut oEmbed ini bisa digunakan untuk banyak layanan web yang lain, seperti: Twitter, Flickr, Instagram, Scribd, Slideshare, TED dan lain-lain. Daftar lengkapnya bisa dilihat di: http://codex.wordpress.org/Embeds.

Fitur lain yang saya lihat sudah terupdate adalah toolbar di post editor yang selalu tampil di bagian atas dan tidak terpengaruh dengan scrolling. Ini sangat membantu khususnya jika ingin membuat postingan yang panjang.

Berikut ini video advertisement WordPress 4.0 yang dikeluarkan WordPress.org:

Informasi selengkapnya mengenai update WordPress versi 4.0 dapat dilihat di website ini: http://wordpress.org/news/2014/09/benny/ .

Ok, demikian dulu, fitur lain akan saya review pada kesempatan mendatang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *