Tutorial Python: Membuat Aplikasi GUI Sederhana (Bagian 1)

Tutorial Python: Membuat Aplikasi GUI Sederhana (Bagian 1)

August 23, 2014 Programming Python 0

Tutorial kali ini menjelaskan cara membuat aplikasi GUI sederhana dalam bahasa pemrograman Python. Secara built-in, Python menyertakan module Tkinter untuk keperluan pembuatan aplikasi GUI. Dalam tutorial ini, kita akan membuat sebuah aplikasi GUI sederhana yang menyediakan isian untuk dua buah bilangan. Selain itu, ada sebuah tombol ADD yang jika diklik, kedua bilangan yang dimasukkan akan dijumlahkan dan hasilnya akan ditampilkan.

Sambil membuat aplikasi ini, kita akan mempelajari cara menggunakan tiga jenis widget dalam Tkinter, yakni:

  1. Entry
  2. Button
  3. Label

serta membuat click event-handler untuk widget Button.

Silahkan pelajari kode program berikut, setiap baris dilengkapi comment-comment penjelasan untuk menjelaskan fungsinya:

[sourcecode language=”python”] import tkinter as tk # mengimpor modul tkinter dan menamakannya tk

class Application(tk.Frame): # membuat class Application sebagai warisan dari class Frame milik tkinter
def __init__(self, master=None): # ini adalah constructor dari class Frame dan akan dijalankan pertama kali
tk.Frame.__init__(self, master) # menjalankan contructor
self.grid() # menampilkan window utama ke screen
self.createWidgets()

def createWidgets(self):

# first field
self.field1 = tk.Entry(self,width=5) # membuat field isian bilangan pertama
self.field1.insert(0, "") # isian dikosongkan
self.field1.grid(row=0,column=0) # posisi widget dalam grid

self.label = tk.Label(self, text = "+") # membuat label "+"
self.label.grid(row=0,column=1) # posisi widget dalam grid

# second field
self.field2 = tk.Entry(self,width=5) # membuat field isian bilangan kedua
self.field2.insert(0, "") # isian dikosongkan
self.field2.grid(row=0,column=2) # posisi widget dalam grid

self.label2 = tk.Label(self, text = "=") # membuat label "="
self.label2.grid(row=0,column=3) # posisi widget dalam grid

# third field for answer
self.field3 = tk.Entry(self,width=5) # membuat field untuk menampilkan jawaban
self.field3.grid(row=0,column=4) # posisi widget dalam grid

# QUIT button
self.QUIT = tk.Button(self, text="QUIT",command=root.destroy) # membuat QUIT button
self.QUIT.grid(row=1,column=0) # posisi widget dalam grid

# ADD button
self.ADD = tk.Button(self) # membuat ADD button
self.ADD["text"] = "ADD" # tulisan pada button
self.ADD["command"] = self.add_numbers # method yang akan dijalankan jika button di-klik
self.ADD.grid(row=1,column=4) # posisi widget dalam grid

def add_numbers(self): # method untuk menjumlahkan dua angka
a = self.field1.get() # mengambil angka dari isian pertama
b = self.field2.get() # mengambil angka dari isian kedua
c = int(a)+int(b) # data yang diambil adalah string. Jadi harus dikonversi dulu ke Integer sebelum bisa dijumlahkan
d = str(c) # hasil penjumlahan adalah Integer yang harus dikonversi dulu menjadi String sebelum bisa ditampulkan
self.field3.delete(0) # menghapus isi field jawaban
self.field3.insert(0,d) # menuliskan jawaban

root = tk.Tk()

# modify root window
root.title("Mini calculator ver.1") # title window aplikasi
root.geometry("200×60") # panjang dan tinggi window aplikasi

app = Application(master=root)
app.mainloop()
[/sourcecode]

Inilah screenshot aplikasinya ketika dijalankan:

screenshot1

Dan ini screenshot aplikasi setelah kedua bilangan dimasukkan dan tombol ADD diklik:

screenshot2

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *