Tips Mac: Cara cepat menjalankan Terminal

Tips Mac: Cara cepat menjalankan Terminal

August 13, 2014 Mac Shell Tips 0

Jika anda sering menggunakan Terminal di Mac OS X, anda pasti ingin window Terminal selalu siap setiap saat anda butuhkan. Berikut ini adalah beberapa cara cepat menjalankan Terminal:

1. Menggunakan Dock icon

Ini mungkin adalah cara yang paling sederhana. Jalankan Finder dan masuklah ke Folder Applications > Utilities. Dapatkan file app Terminal dan drag-and-drop ke dock anda. Untuk selanjutnya, klik icon Terminal pada Dock untuk menjalankan app Terminal jika dibutuhkan.

2. Menggunakan spotlight

Tekan tombol kombinasi Cmd-Space dan ketikkan “Terminal”, dan spotlight akan menampilkan daftar app, document dan lain-lain yang mengandung kata “Terminal”. Klik icon Terminal untuk menjalankannya.

By the way, anda tak perlu menyelesaikan ketikan kata “Terminal”, karena begitu icon app Terminal tampil teratas dalam daftar tersebut, anda dapat langsung menekan tombol Enter untuk menjalankannya (lihat contoh pada screenshot di bawah ini).

3. Menggunakan kombinasi tombol keyboard

Pada cara ini, kita akan menetapkan sebuah shortcut, yakni kombinasi tombol keyboard untuk menjalankan Terminal. Untuk contoh ini, saya pilih kombinasi tombol: Command-Option-X. Pastikan kombinasi tombol yang anda pilih tidak digunakan untuk keperluan lain.

Berikut ini cara membuat shortcut untuk membuka terminal:

1. Jalankan app “Automator”. Cara termudah adalah dengan menggunakan Spotlight dan mengetikkan kata “Automator”. Lalu klik pada icon app Automator untuk menjalankannya.

2. Pada app Automator, klik menu: File > New, dan klik “Service”, lalu klik “Choose”

3. Pada panel kanan, (1) pilihlah “no input” untuk pilihan “Service receives”. Lalu (2) search kata “run” pada bagian atas panel kiri untuk mencari pilihan “Run AppleScript”. Begitu daftar hasil search tampil, (3) drag and drop “Run AppleScript” dari panel kiri ke panel kanan:

4. Edit source code AppleScript pada panel kanan menjadi seperti berikut:

[sourcecode language=”as3″ padlinenumbers=”false”] on run {input, parameters}
tell application “Terminal"
reopen
activate
end tell
end run
[/sourcecode]

5. Klik menu: File > Save atau tekan kombinasi tombol Cmd-S untuk menyimpan script di atas. Namakan: “Open Terminal” atau nama lain yang anda inginkan, lalu tutup app Automator.

6. Klik tombol Apple di sudut kiri atas layar dan klik “System Preferences…”, lalu klik icon Keyboard dan pada tab-tab pilhan, pilihlah “Shortcuts”.

7. Pada panel kiri pilihan “Shortcuts”, klik “Services”, lalu scroll ke paling bawah untuk mendapatkan nama shortcut yang tadi anda buat, yakni “Open Terminal” dalam contoh ini. Jika ketemu, klik tombol “add shortcut” pada bagian kanan baris “Open Terminal” tersebut, lalu tekan kombinasi tombol: “Command-Option-X”. Tutup window System Preference.

Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, mulai sekarang anda seharusnya sudah bisa menjalankan app Terminal dengan hanya menekan kombinasi tombol: Command-Option-X.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *