Bebaskan beberapa GB dari Mac anda dengan Monolingual

Bebaskan beberapa GB dari Mac anda dengan Monolingual

August 12, 2014 Mac 0

Saya orang Indonesia, bicara bahasa Indonesia, dan… yaaah… sedikit-sedikit Englishlah. Hampir bisa dipastikan, seumur hidup saya tidak akan pernah ngomong Icelandic, Kurdish ataupun Hindi. Nah, masalahnya, Apple kelewat generous dengan menyediakan semua bahasa populer dunia dalam OS X sehingga anda dapat berpindah modus ke bahasa tertentu dengan mudah. Padahal saya hanya butuh English, Indonesia dan (karena sekarang lagi studi di Jepang) mungkin Japanese.

Hari ini saya menemukan sebuah tool gratis di Internet, namanya Monolingual. Fungsinya adalah menghapus resource bahasa-bahasa asing yang kemungkinan tidak akan pernah anda gunakan dari sistem operasi anda. Multilingual dapat diunduh disini: https://ingmarstein.github.io/Monolingual/. Setelah diunduh, proses instalasinya sama seperti apps Mac kebanyakan, yaitu dengan men-drag file app-nya ke folder Applications. Screenshot di atas adalah tampilan utama Monolingual ketika dijalankan.

Semua bahasa yang namanya diberi tanda centang akan dihapus dari sistem operasi. Jadi pastikan bahasa yang anda perlukan tidak tercentang. Setelah itu, klik “Remove” dan setelah konfirmasi, proses penghapusan akan dimulai.

Warning: Resource bahasa yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan kecuali dengan reinstallation seluruh sistem operasi. Jadi saran saya, pastikan baik-baik semuanya dulu baru klik “Remove”.

Setelah proses penghapusan berakhir, anda akan mendapatkan tambahan free space yang dulunya ditempati oleh resource bahasa-bahasa tadi. Untuk kasus saya, besar free space yang berhasil dibebaskan adalah hampir 3 GB..! Bagi saya ini sangat besar, terutama karena Macbook Air saya hanya menyediakan internal storage 64 GB.
Ok, selamat mencoba.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *