Blogging dengan QTM

Blogging dengan QTM

April 9, 2014 Blogging Blogging tools Wordpress 0

Pendahuluan

QTM adalah aplikasi desktop untuk keperluan blogging yang mensupport berbagai jenis Blogging platform seperti WordPress, Moveable Type, Druppal dll. Saya tertarik dengan QTM karena free dan mensupport Markdown.

Membuat postingan baru

Cantumkan Entry title pada panel kiri dan pastikan isian Account dan Blog sesuai dengan setingan blog yang anda inginkan. Untuk Status, anda dapat menentukan apakah postingan ini langsung di-Publish atau belum (Draft).

Menyisipkan image

Ada dua cara menyisipkan image di QTM:

  1. Jika image berada di Internet
    Jika image diambil dari internet, anda harus memiliki URL-nya dulu. Untuk menyisipkannya dalam postingan, anda cukup menklik tombol image di toolbar (lihat gambar), dan memasukkan URL tadi ke isian yang disediakan:

    Anda dapat pula menggunakan Markdown seperti ini: ![Judul image](URL image)

  2. Jika image adalah screenshot
    Saya sering membuat postingan yang mengandung screenshot (misalnya pada artikel ini). Untuk keperluan ini saya menggunakan Skitch. Pada aplikasi Skitch, setelah screenshot dibuat, klik “Share -> Copy Shared URL” (pastikan pilihan: “Share -> Options -> Direct Image URL” dicentang). Setelah itu, kembali ke QTM dan sisipkan image dengan cara seperti pada cara 1.

  3. Jika image adalah file lokal
    Jika image yang ingin disisipkan tersedia di desktop anda, kembali kita bisa menggunakan aplikasi Skitch. Caranya, drag file image dan drop di atas aplikasi Skitch. Langkah selanjutnya sama dengan cara 2.
    Ini adalah contoh image lokal yg dishare melalui Skitch:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *