Kota-kota Dengan Biaya Hidup Termahal

Kota-kota Dengan Biaya Hidup Termahal

March 25, 2014 Uncategorized 0

(Image: Public domain)

Lebih dari separuh populasi dunia dewasa ini tinggal di kawasan perkotaan. Di jaman modern ini, orang-orang lebih memilih tinggal di kota dengan macam-macam alasan: mulai dari mudahnya mendapatkan suplai kebutuhan hidup, dekatnya jarak dengan tempat kerja, hingga tersedianya berbagai fasilitas. Namun seiring meningkatnya populasi kota, biaya hidup pun melambung tinggi tak terelakan.

Dua kali setahun, Economist Intelligence Unit merilis hasil survey mereka mengenai Worldwide Cost of Living. Dalam survey tersebut, mereka mendata 160 produk dan layanan yang digunakan atau dikonsumsi masyarakat perkotaan di 131 negara. Data ini mencakup harga makanan, minuman, sewa rumah, pakaian, transportasi dan lain-lain. Data rata-rata digunakan untuk menghitung Cost-of-living index yang kemudian menentukan ranking suatu kota dalam daftar Worldwide Cost of Living mereka.

Berikut hasil survey Worldwide Cost of Living Desember 2013:

Kali ini, Tokyo bukan lagi kota dengan biaya hidup termahal. Sepuluh tahun yang lalu ibukota Jepang itu sempat bertengger di posisi pertama cost-of-living index kota-kota dunia. Tapi sejak 5 tahun yang lalu, posisi Tokyo digeser oleh Oslo, Paris dan Frankfurt. Kini, Tokyo berada di peringkat 6 bersama Caracas. Adapun Singapura, menempati posisi pertama kota dengan biaya hidup termahal.

Image via: The Economist.

]]>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *