Membuat postingan dari Qumana

Membuat postingan dari Qumana

February 25, 2013 Wordpress 0

Qumana adalah sebuah software Blog editor yang memudahkan blogger untuk membuat postingan secara offline sebelum men-uploadnya ke layanan blogging yang diinginkan jika koneksi internet tersedia. Qumana mensupport beberapa layanan blogging terkenal seperti WordPress, Blogger dll.

Untuk membuat postingan sederhana, Qumana sudah lebih dari cukup. Hanya saja, untuk membuat postingan di Blog "MyDailyCoding" ini, saya butuh kemampuan untuk menampilkan sourcecode. Masalahnya, sourcecode program tidak akan ditampilkan dengan baik di WordPress jika hanya dengan copy-paste secara langsung dari XCode ke panel WYSIWYG milik Qumana. Perhatikan contoh pada screenshot berikut:

Setelah beberapa kali trial-and-error, ternyata memasukkan sourcecode pada postingan blog bisa dilakukan dengan sempurna di Qumana, tentu saja dengan trik khusus. Bagaimana caranya?

  1. Copy sourcecode program dari IDE-nya. Dalam kasus saya, IDE yg digunakan adalah XCode.
  2. Kembali ke Post editor Qumana, letakkan kursor pada posisi di mana sourcecode akan diletakkan.
  3. Pindah ke modus "Source View" dan paste sourcecode anda.
  4. Tambahkan tag: <pre>[sourcecode language=”"objc"”] di awal sourcecode, dan tag: [/sourcecode]</pre> di akhir sourcecode. Tag <pre> digunakan agar format sourcecode, misalnya: indetation, tetap bisa dilihat di modus WYSIWYG.

  5. Kembali ke mode WYSIWYG untuk melanjutkan menulis postingan tersebut, atau klik "Update Post" untuk mengirimkan postingan ini ke WordPress. Ini hasilnya:

Powered by Qumana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *