Obj-C: Hello World

Obj-C: Hello World

February 23, 2013 Objective-C 0

Sebagai awal perkenalan kita dengan bahasa Objective-C, dalam tutorial ini kita akan membuat sebuah program sederhana untuk menampilkan tulisan “Hello World”.

Membuat Project baru

1) Mulailah dengan membuat sebuah Project baru dengan melalui pilihan Menu:  “File > New > New Project…”  Akan muncul dialog pilihan template dari Project baru anda (Lihat gambar). Pada bagian “Mac OS X”, pilih: Application > Command Line Tool. Klik “Next” untuk melanjutkan.

Pilihan template project

2) Selanjutnya akan muncul dialog “Options” (lihat gambar), masukkan nama program yang akan kita buat (dalam hal ini, namakan “HelloWorld”) pada isian “Product name“, biarkan pilihan Type pada opsi default (Foundation) dan klik Next.

Pilihan options

3) Selanjutnya anda diminta menentukan direktory di mana Project anda akan disimpan. Dalam tutorial ini, buatlah sebuah direktori baru dengan men-klik tombol “New Folder”, namakan “Belajar Objective-C”, dan klik “Create”.

Tentukan direktori

4) Ini adalah tampilan awal project anda:

Tampilan awal project editor

Program Hello World

1) Klik pada nama file (main.m) di Project navigator, panel kanan akan menampilkan isi file tersebut. XCode telah menyiapkan sebuah kerangka program sederhana, yang kebetulan tepat seperti yang kita inginkan, yakni menampilkan tulisan “Hello World”. Perintah:

NSLog(@"Hello, World!");

berfungsi untuk menampilkan tulisan “Hello, World” tersebut di output display. Tentu saja anda bisa mengganti string “Hello, World” dengan teks apapun yang anda inginkan.

main.m

2) Jalankan program dengan men-klik tombol Run, keluaran program adalah seperti berikut:

Output program

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *