Obj-C: Apa itu Header file?

Obj-C: Apa itu Header file?

December 7, 2011 Objective-C 0

Apa itu Header file?

Header file memisahkan deklarasi Method dengan implementasinya. Dengan hanya melihat deklarasi sebuah method, misalnya:

(int) Tambah ((int)x, (int)y);

kita bisa tahu bahwa method tersebut mengembalikan sebuah nilai integer dan untuk menggunakan method tersebut dibutuhkan dua parameter integer: x dan y. Mungkin bagaimana method tersebut diimplementasikan tidak penting buat kita. Tapi dari informasi di file Header, kita tahu bagaimana menggunakan Method tersebut dan apa yg dihasilkannya.

Merahasiakan Implementasi

Dalam keadaan tertentu kita tidak ingin isi method kita diketahui orang lain. Dengan memberikan file Header dan file Object (yg berisi implementasi dari methods yg dideklarasikan dalam file Header tsb), orang lain tetap bisa menggunakan method2 kita tanpa bisa membaca implementasinya.

Distribusi tugas

Dari aspek pengembangan perangkat lunaknya, file Header memudahkan anda untuk bekerja dalam tim. Contoh: anda mengerjakan sebuah proyek membuat sebuah aplikasi kalkulator. Sebagai koordinator proyek, anda menetapkan sebuah file Header yg berisi:

(int) Tambah ((int)x, (int)y);

(int) Kurang ((int)x, (int)y);

(int) Kali ((int)x, (int)y);

(float) Bagi ((int)x, (int)y);

yaitu fasilitas2 yg nantinya dimiliki oleh aplikasi anda. Untuk menghemat waktu, proyek tersebut dikerjakan oleh beberapa programmer. Karena deklarasi dan implementasi terpisah, anda dapat mendistribusikan implementasi method2 tersebut di atas untuk dikerjakan oleh programmer2 yg berbeda. Misalnya, programmer A mengerjakan method Tambah, programmer B mengerjakan method Kurang dan seterusnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *