10 Tips Presentasi Proposal Penelitian

10 Tips Presentasi Proposal Penelitian

April 25, 2017 Education Research 0

Berikut ini adalah 10 tips presentasi Proposal Penelitian untuk para mahasiswa saya yang akan Seminar Proposal:

  1. Setiap penelitian harus dimulai dengan Masalah Penelitian (MP). Setiap MP dilatarbelakangi oleh satu atau lebih Latar Belakang Masalah (LBM). Contoh LBM: “Administrasi akademik di Universitas XYZ masih dilakukan secara manual”. Contoh MP: “Karena administrasi dilakukan secara manual, pelayanan akademik menjadi tidak efisien dan rawan kesalahan”.
  2. Usulan solusi anda terhadap MP disebut Hipotesis Penelitian (HP). Yang akan anda lakukan dalam penelitian Skripsi ini pada dasarnya adalah menguji apakah HP anda dapat memecahkan MP. Contoh HP: “Sebuah sistem informasi akademik dapat dikembangkan untuk mengatasi masalah efisiensi dan akurasi dalam pelayanan akademik di Univ XYZ”. Secara singkat, lengkapi HP anda dengan alasan-alasan yang mendasarinya.
  3. Selanjutnya, rumuskan MP dan HP dalam bentuk kalimat tanya. Inilah yang disebut Rumusan Masalah (RM). Contoh MP: “Bagaimana merancang dan membangun Sistem Informasi Akademik untuk mengatasi masalah efisiensi dan akurasi pelayanan akademik di Univ XYZ?”. RM sangat penting karena seluruh penelitian anda akan diarahkan untuk menjawab pertanyaan2 dalam RM.
  4. Oleh karena luasnya cakupan MP, anda perlu membatasinya dengan tidak mengurangi tujuan-tujuan penelitian yang ingin dicapai. Inilah yang disebut Batasan Masalah (BM). Contoh: “Sistem Informasi Akademik yang akan dikembangkan hanya mencakup mahasiswa S-1”. Kesalahan yang sangat sering terjadi dalam menuliskan BM adalah mencantumkan alat/tool, contoh: “Sistem ini akan dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java”. Kesalahan yang lain adalah mencantumkan BM yang sudah jelas tercantum di judul. Contoh judul: “Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik: Studi kasus Universitas XYZ”. Contoh BM yang salah: “Sistem Informasi Akademik yang akan dikembangkan hanya akan dijalankan di Universitas XYZ”. Kenapa BM ini salah? Karena “Universitas XYZ” sudah jelas tercantum di judul.
  5. Tujuan Penelitian (TP) sebenarnya adalah bentuk pernyataan dari RM. Contoh: “Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Sistem Informasi Akademik untuk mengatasi masalah efisiensi dan akurasi pelayanan akademik di Univ XYZ”.
  6. Dalam Manfaat Penelitian (MFP) anda menguraikan kondisi apa yang terjadi jika TP tercapai dan RM telah terjawab. Contoh: “Manfaat yang dapat diharapkan melalui pengembangan Sistem Informasi Akademik di Universitas XYZ ini adalah meningkatnya efisiensi pelayanan dan akurasi data.”
  7. Dalam maksimal 5 menit pertama presentasi Proposal Penelitian anda, anda sudah harus mampu menyatakan secara jelas LBM, MP, HP, RM, BM, TP dan MFP secara lisan. Oleh karena keterbatasan waktu, biasanya presentasi proposal anda akan dibatasi hingga unsur-unsur ini saja (Bab 1). Hal-hal lain seperti Dasar Teori/Studi Literatur (Bab 2) dan Metodologi Penelitian (Bab 3) dapat didiskusikan secara lebih detail dalam sesi Tanya/Jawab.
  8. Presentasi proposal yang dibawakan dengan gaya “membaca” dan tanpa/kurang eye-contact dengan audiens akan sangat membosankan. Bawakan presentasi anda dengan gaya berbahasa lisan yang mudah dimengerti dan tidak hanya membaca saja apa yang tertulis di slide. Kuasai materi anda serta sediakan waktu yang cukup untuk latihan, anda pasti mampu menyajikan presentasi yang informatif dan menarik dalam batasan waktu yang ditetapkan.
  9. Desain slide presentasi yang baik dapat mendukung suksesnya presentasi anda. Lengkapi presentasi anda dengan gambar/ilustrasi yang relevan namun tidak berlebihan. Gunakan ukuran huruf yang jelas (minimal 24 point) dan kombinasi warna yang sesuai kaidah2 Interaksi Manusia-Komputer. Hindari penggunaan teks yang berlebihan! Sering sekali terjadi mahasiswa hanya sekedar men-copy-paste paragraf2 dalam proposalnya ke dalam slide presentasi lalu membacanya satu persatu dalam seminar. Hal-hal seperti ini jangan sampai terjadi lagi dalam pelaksanaan seminar kali ini.
  10. Keberhasilan presentasi anda ditentukan juga oleh kemampuan anda dalam sesi Tanya/Jawab. Tips saya, sebelum hari Seminar sempatkanlah untuk membuat daftar pertanyaan (dan jawabannya) yang anda rasa berpeluang akan ditanyakan oleh Tim Dosen. Gunakan daftar tersebut untuk berlatih sehingga dalam seminar nanti anda dapat menjawab dengan cepat dan meyakinkan jika pertanyaan-pertanyaan tersebut benar-benar ditanyakan.

Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *