Apa itu Logika Pemrograman?

Apa itu Logika Pemrograman?

October 8, 2016 Programming 0

Anda sedang membaca iklan lowongan pekerjaan di sebuah surat kabar, di mana sebuah perusahaan multinasional membutuhkan seorang tenaga programmer. Dengan gaji yang menggiurkan, siapa yang tidak tertarik? Semua kriteria yang diminta bisa anda pahami, kecuali satu: “Have a strong programming logic” (memiliki logika pemrograman yang kuat). Emmm, apa itu “programming logic”?

Menurut Technopedia, “programming logic” didefinisikan seperti ini:

Programming logic is a fundamental construct that’s applied to computer science in a variety of comprehensive ways.

Programming logic involves logical operations on hard data that works according to logical principles and quantifiable results.
– via Techopedia.com

Intinya, Logika Pemrograman merupakan suatu kemampuan dasar yang dapat diterapkan dalam berbagai aspek ilmu komputer dan mencakup pemahaman atas operasi-operasi logika terhadap data. Yang perlu digarisbawahi di sini adalah, Logika Pemrograman berbeda dengan Ilmu Pemrograman. Untuk menguasai Ilmu Pemrograman, anda dapat mempelajari cara membuat program dalam bahasa-bahasa pemrograman tertentu (contoh: C/C++, Pascal, Java, Python dsb.). Pengetahuan ini dapat anda peroleh dengan mengikuti tutorial-tutorial pemrograman atau dengan mempelajari buku-buku pemrograman komputer. Logika Pemrograman lebih dari sekedar memahami cara membuat program dalam bahasa pemrograman tertentu. Logika Pemrograman adalah kemampuan menggunakan Ilmu Pemrograman dalam memecahkan masalah (problem solving). Bagaikan mengendarai mobil, anda bisa belajar cara mengendarai mobil dengan relatif mudah. Dalam waktu katakanlah dua minggu, anda bisa belajar cara menyalakan mesin dengan kunci kontak, menekan pedal gas, memasukkan gigi transmisi dan melaju di jalan raya. Namun, apakah setelah itu anda langsung bisa mengatasi berbagai tantangan di jalanan seperti kemacetan, pengendara lain yang ugal-ugalan, parkir di lokasi yang sempit, idling di tanjakan, dan lain-lain? Belum tentu, bukan? Butuh akumulasi jam terbang yang tinggi untuk bisa menjadi pengendara dengan “kelihaian” berkendara seperti itu, apalagi di kota besar dengan lalulintasnya yang ruwet seperti Jakarta. Nah, demikian pula dengan Logika Pemrograman. Tak cukup dengan menguasai ilmu pemrograman komputer saja, untuk mempertajam kemampuan Logika Pemrograman dibutuhkan pengalaman dalam mengimplementasikan ilmu pemrograman tersebut untuk memecahkan berbagai masalah-masalah komputasi.

Dengan dasar Logika Pemrograman yang kuat, anda tidak akan tergantung pada bahasa pemrograman tertentu. Malahan, bahasa pemrograman apapun yang diminta pasti akan dapat anda kuasai dalam waktu singkat. Walaupun setiap bahasa pemrograman memiliki perbedaan dalam hal syntax dan cara menstrukturisasi data, namun umumnya konsep-konsep dasarnya memiliki banyak kesamaan. Pada akhirnya bahasa pemrograman hanyalah sebuah alat (tool). Logika pemrograman merupakan sebuah kemampuan spesial yang hanya dimiliki oleh seorang programmer berpengalaman dalam menggunakan tool-tool pemrograman tadi untuk mencapai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *