PDFy: Solusi gratis dan praktis untuk sharing PDF

PDFy: Solusi gratis dan praktis untuk sharing PDF

November 17, 2014 Free service Internet Tips 0

Katakanlah anda memiliki sebuah dokumen PDF dan ingin membukanya kepada publik untuk dibaca maupun didownload secara gratis. Ada beberapa layanan yang tersedia di Internet untuk keperluan ini, misalnya: Issuu, Scribd dan GoogleDocs. Tentu saja layanan-layanan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi ketiganya mengharuskan setidaknya pemilik PDF untuk memiliki akun di layanan tersebut terlebih dahulu sebelum bisa menshare dokumen PDF-nya.

PDFy adalah layanan yang sedikit berbeda dari ketiga di atas karena, selain totally free, kita tidak perlu membuat akun dulu untuk menshare dokumen PDF kita. Anda cukup masuk ke halaman web-nya di: https://pdf.yt, lalu klik tombol “Upload a PDF” atau drag file PDF ke halaman web tersebut untuk mengupload.

pdf

Anda kemudian akan diberi pilihan yakni:

  1. Public, dimana dokumen anda dapat dibaca oleh siapapun dan akan dipublish di Gallery PDFy,
  2. Unlisted, dimana dokumen anda hanya dapat dibaca oleh mereka yang mengetahui URLnya, serta tidak akan dipublish di Gallery.

pdf2

Tentukan pilihan anda dan klik tombol “Continue your Upload”. Halaman baru akan dibuka dengan menampilkan isi dokumen PDF, tombol untuk download (Download as: PDF) serta embed-sharing code. And that’s all!

pdf3

Untuk menpublikasi dokumen PDF tersebut kepada rekan anda misalnya, cukup beritahukan URL dari halaman ini, misalnya pada contoh di atas: https://pdf.yt/d/nfhNAUJZ2WdC8rPh. Anda bisa juga menempelkan (embed) kode iframe (di panel kiri) di website atau blog anda. PDF-nya akan ditampilkan seperti di bawah ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *