CloudTop: Komputer pribadi di atas awan

CloudTop: Komputer pribadi di atas awan

August 14, 2014 Web Apps 0

Sekarang era-nya komputasi awan (cloud computing)! Makin hari makin banyak saja layanan-layanan yang dulunya hanya tersedia secara lokal di komputer anda, sekarang sudah tersedia di “cloud” (Internet) dan dapat diakses secara online dari mana saja. The only thing you need is a browser.

Hari ini, hasil googling menggunakan keyword “free cloud desktop” membawa saya ke sebuah layanan gratis bernama “CloudTop”. Sebagaimana tertulis dalam bagian “About” di websitenya (http://cloudtop.com), layanan ini menyediakan sebuah “virtual desktop and online computer”. Intinya, anda seperti punya sebuah komputer di Internet dimana desktop sistem operasinya bisa diakses dari komputer lokal anda menggunakan browser. Dengan demikian, tidak saja file-file dokumen anda dapat diakses dari komputer mana saja (asal ada browsernya), desktop anda pun akan seragam dari komputer mana pun anda bekerja.

Setelah login dan masuk “sistem operasi”-nya, inilah screenshot layar desktop CloudTop:

cloudtop1

Ternyata mirip sekali dengan desktop sistem operasi pada umumnya, lengkap dengan tombol “Start Menu” ala Windows XP di sudut kiri bawah. Jika tombol ini diklik, inilah tampilannya:

cloudtop2

Seperti terlihat pada gambar di atas, CloudTop menyediakan fitur-fitur standar sistem operasi pada umumnya seperti: browser, mail application, multimedia player, notepad, calculator dan lain-lain. Beberapa aplikasi sudah terinstall secara default, aplikasi lainnya dapat ditambahkan sesuai kebutuhan. Untuk aplikasi kantoran, anda dapat menggunakan Zoho Suite (https://www.zoho.com) yang menyediakan Zoho Sheet (mirip Excel), Zoho Show (mirip Powerpoint) dan Zoho Writer (mirip Word). By the way, Zoho Suite memiliki kompatibilitas yang tinggi dengan Microsoft Office. Jadinya, anda dapat membuat dokumen anda dengan Zoho Suite dan mengeditnya dengan Microsoft Office atau sebaliknya.

Di bawah ini adalah screenshot aplikasi Zoho Sheet:

cloudtop3

Dan ini contoh membaca sebuah file PDF di CloudTop:

cloudtop4

Untuk bagi-pakai file dengan komputer lokal, CloudTop menyediakan aplikasi desktop CloudMe yang dapat di download di: https://www.cloudme.com (tersedia versi Windows, Mac, Linux dan Mobile). Setelah diinstal di komputer lokal dan dijalankan, CloudMe akan membuat sebuah folder di komputer lokal maupun di CloudTop yang akan disinkronisasi setiap kali terjadi perubahan. Letakkan file dokumen anda di folder CloudMe lokal lalu akses dari komputer mana saja dan dari mana saja via CloudTop. Yang anda butuhkan hanya browser yang mendukung HTML5 dan (tentu saja) konektivitas internet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *