Membangun blog portal

Membangun blog portal

March 26, 2014 Blogging RSS Weebly 0

Saya memiliki beberapa blog yang tersebar di beberapa tempat, misalnya WordPress, Blogger, Github dll. Untuk itu, saya ingin membuat sebuah “blog portal” yang menyediakan semacam pintu masuk menuju blog-blog tersebut. Dengan menggunakan fasilitas RSS, saya membangun sebuah halaman blog portal di website pribadi saya (lihat gambar):

http://alwinsworld.weebly.com/blogs.html

Halaman blog portal ini terbagi menjadi dua bagian:

  1. Link-link menuju ke masing-masing blog (dilengkapi dengan screenshot dan daftar artikel terbaru).
  2. Articles stream yang merupakan combined feeds dari cukilan artikel-artikel terbaru semua blog tersebut.

Untuk membangun halaman blog portal ini, saya memanfaatkan beberapa layanan yang tersedia gratis di Internet. Untuk menampilkan daftar artikel terbaru di setiap blog, saya menggunakan layanan RSS Feed Widget. Sedangkan untuk menggabungkan beberapa RSS menjadi combined feeds, saya menggunakan FeedCombine.

Ternyata, teknologi RSS (Really Simple Syndication) memiliki banyak kelebihan serta potensi yang besar dalam hal pengelolaan konten. Sayang sekali, beberapa perusahaan besar seperti Google tidak begitu suka dengan teknologi ini, terbukti dengan ditutupkan Google Reader tahun lalu. Banyak pihak menganggap ini adalah tanda kiamat bagi RSS sebagai sebuah teknologi yang memang sudah cukup tua umurnya. Tapi saya pribadi berharap RSS tetap ada dan tetap di-support oleh para penyedia konten di Internet.

]]>

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *